Character Day

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tanggal 10 November merupakan hari dimana tiap tahunnya kita memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan merupakan hari dimana seluruh bangsa Indonesia dapat menghargai jasa para pahlawan serta dapat merefleksikan perjuangan-perjuangan tokoh-tokoh bangsa yang berjasa atas kemerdekaan yang dapat kita nikmati hingga saat ini. Seperti jelas yang dikatakan oleh Presiden pertama kita bahwa “Jangan pernah lupakan sejarah” dan “Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa para Pahlawannya”. Maka dengan memperingati hari pahlawan ini kita sebagai bangsa Indonesia bisa dengan jelas merefleksikan betapa besar jasa para pahlawan dalam memperjuangkan sebuah negara yang merdeka dari penjajah dan bangsa Indonesia mampu hidup dengan damai serta sejahtera. 

Oleh karena itu, semua bangsa Indonesia khususnya para generasi muda perlu memperingati hari pahlawan sehingga semua generasi muda dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari yaitu belajar dengan giat, berkarakter baik, mandiri dan penuh semangat serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Dengan ini, SDS Ekayana Dharma Budhi Bhakti ingin mewujudkan upaya-upaya yang dapat membangun karakter siswa-siswi yang tangguh agar bangsa ini sama besar dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, menumbuh kembangkan karakter bangsa yang besar hanya dapat terlaksana bila semangat kepahlawanan telah menyatu dalam jiwa setiap siswa-siswi SDS Ekayana Dharma Budhi Bhakti. Maka, kami bermaksud mengadakan kegiatan minggu pengembangan karakter siswa di hari pahlawan ini dengan melakukan Mindful Journaling dengan tema “Pahlawanku, Inspirasiku”.

Adapun tujuan kegiatan dari acara ini, antara lain, mengajak seluruh peserta didik untuk mengingat jasa para pahlawan serta mengenal lebih dekat karakter, sikap dan spirit kepahlawanan salah satu contoh teladan pahlawan nasional, meningkatkan kreativitas dan kreasi para peserta didik dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah, membentuk karakter yang berani, jujur, berbakti dan menumbuhkan sikap dan spirit kepahlawanan siswa SDS Ekayana Dharma Budhi Bhakti.

Mengusung tema “Pahlawanku, Inspirasiku” dan disesuaikan dengan kondisi yang sedang kita hadapi bersama yaitu masa pandemic, kami mengambil dua tokoh tenaga kesehatan (masa lampau dan masa kini) yang sangat menginspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia.