Sekilas Tentang Ekayana Dharma Budhi Bhakti

MENGAPA
EKAYANA DHARMA BUDHI BHAKTI ?

Mempelajari perjalanan dan perkembangan Sekolah Dharma Budhi Bhakti yang memulai kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 1984/1985 dari jenjang group bermain, taman kanak kanak dan sekolah dasar. Yang kemudian dilanjutkan dengan dibukanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ajaran 1987/1988, Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Tahun Pelajaran 1990/1991 serta penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/SMEA) bidang Studi Akuntansi dan Management Pemasaran pada tahun ajaran 1996/1997 dengan lahan seluas 5359 M2 di Jalan Agung Tengah 7 No. 1 Blok 1-6 Sunter Agung, Jakarta Pusat.

Sekolah Dharma Budhi Bhakti berkembang pesat hingga pada awal tahun 2000-an, jumlah siswa dalam satu tahun ajaran mencapai 1600 siswa. Dengan menekankan pada kemampuan akademis siswa serta pendidikan bahasa mandarin, membuat sekolah Dharma Budhi Bhakti menjadi salah satu sekolah umum berkarakter Buddhist yang dikenal masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Utara.

Setelah mempelajari potensi yang ada di sekolah Dharma Budhi Bhakti serta keinginan luhur dari anggota dewan pengurus yayasan yang baru, sejak bulan Oktober 2020, Sekolah Dharma Budhi Bhakti menjadi sekolah yang berada dibawah binaan Monastik Wihara Ekayana Arama. Dan kedepannya, Sekolah Dharma Budhi Bhakti akan dikenalkan dengan nama Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bhakti dengan melakukan berbagai perbaikan dan reformasi diberbagai aspek, seperti system Manajemen, Peningkatan sarana prasarana, pengingkatan kualitas SDM, dan lainnya.

Yang Memiliki Tujuan

  1. Menghadirkan Sekolah Pendidikan Karakter Buddha
  2. Menghasilkan peserta didik Buddhistik yang memiliki keunggulan kompetitif, kecakapan dan karakter pendidikan abad 21
  3. Mengembangkan system pendidikan yang menitikberatkan pada penguasaan ketrampilan sosial dan emosional yang seimbang
  4. Membangun karakter mulia para peserta didik yang memiliki belas kasih dan pengertian benar melalui praktek hidup sadar penuh.
  5. Menghasilkan peserta didik yang peduli dan memiliki kedisiplinan dari proses pengembangan karakter pendidikan budi pekerti dan kebangsaan NKRI.
Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bhakti, Sekolah Nasional Terpadu
Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan integrasi kurikulum nasional 2013 yang bernuansakan tiga bahasa pengantar pendidikan yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bhakti, Sekolah Pendidikan Karakter Yang Menggali Potensi Peserta Didik

Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bhakti merupakan sekolah yang menitik beratkan pada pembentukan karakter mulia pada siswa dengan konsep dan pendekatan praktik hidup sadar penuh melalui nilai nilai inti ajaran Buddha:

  1. Kedermawanan (Dana)
  2. Kebajikan, Moralitas, Didiplin. Tingkah Laku Yang Benar (Sila)
  3. Kesabaran, Tolerasni, Ulet, Penerimaan, Berdaya Tahan (Ksanti)
  4. Energi, ketekunan, Semangat dan Daya Upaya (Virya)
  5. Konsentrasi dan Perhatian Benar (Dhayana)
  6. Kebijaksanaan dan Wawasan Spiritual (Prajna)
  7. Upaya Kausalya (Upaya)
  8. Tekad, Resolusi dan Aspirasi (Pranidhana)
  9. Kekuatan Spiritual (Bala)
  10. Pengetahuan (Jhana)