Kurikulum

SMA Ekayana Dharma Budhi Bhakti

Struktur Kurikulum

  1. Trilingual Education dan Pendidikan Karakter
  2. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Ekayana Dharma Budhi Bhakti berfokus pada penguasaan tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin dengan pendekatan mindfulness yang merupakan pendidikan karakter Buddhis berbasiskan pada nilai-nilai inti Ekayana.

    Pendekatan mindfulness sebagai sebuah model pendidikan karakter, bertujuan untuk membangun dan mengembangkan kecakapan hidup (life skills) serta karakter peserta didik yang berlandaskan pada nilai-nilai Buddhis universal.

    Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilaksanakan bagi peserta didik kelas XI-XII yang beragama non-Buddhis yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan ibadah di tempat ibadahnya masing-masing. Nilai dari tempat ibadah akan menyatu dengan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang diperoleh dari sekolah dan tertera pada nilai tengah semester dan akhir semester. Bagi peserta didik baru (kelas X) wajib mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti sesuai dengan visi-misi dan nilai-nilai inti Ekayana agar sekolah benar-benar dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang berkarakter Buddhis.

  3. Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Dimensi Kompetensi Kebahasaan (Language Competencies)
  4. Untuk mempersiapkan para lulusan yang siap dan terampil guna menghadapi persaingan global sebagai warga dunia, maka pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) Ekayana Dharma Budhi Bhakti difokuskan pada kompetensi kebahasaan yaitu kemampuan membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Dalam hal ini, sekolah menyediakan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi di bidang keahliannya untuk pembelajaran pada kelas X, XI, dan XII dengan maksud agar peserta didik dapat memiliki pengalaman langsung dalam mengasah kemampuan bahasa Inggris yang aktif serta komunikatif (communication skill).